Jumat, 25 Desember 2015

FLIP - FLOP


Flip-flop Merupakan rangkaian utama dalam logika sekuensial. Counter, register serta rangkaian sekuensial lain disusun dengan menggunakan flip-flop sebagai komponen utama.
Fungsi untuk :
-  menyimpan bilangan biner
-  mensinkronkan rangkaian aritmatika
Ciri ciri flip flop
-  Flip-Flop bersifat bistable atau dua kondisi yang stabil 0 atau 1 dan tidak berubah
-  Flip-flop adalah rangkaian yang mempunyai fungsi pengingat (memory). Artinya rangkaian ini mampu melakukan proses penyimpanan data sesuai dengan kombinasi masukan yang diberikan kepadanya. Data yang tersimpan dapat dikeluarkan sesuai dengan kombinasi masukan yang diberikan.
  Setiap flip-flop dapat menyimpan satu bit (binary digit) informasi, baik dalam bentuk sebenarnya maupun bentuk komplemennya

Flip-flop merupakan Rangkaian Logika yang terbagi menjadi dua kelompok :

1.      Rangkaian logika kombinasional adalah rangkaian yang kondisi keluarannya (output) dipengaruhi oleh kondisi masukan (input).
Contoh Rangkaian logika kombinasional
·         Dekoder
·         Enkoder
·         Multiplekser
·         Demultiplekser


2.      Rangkaian logika sekuensial adalah rangkaian logika yang kondisi keluarannya dipengaruhi oleh masukan dan keadaan keluaran sebelumnya. Dapat dikatakan rangkaian yang bekerja berdasarkan urutan waktu. Ciri rangkaian logika sekuensial yang utama adalah adanya jalur umpan balik (feedback) di dalam rangkaiannya.
Rangkaian logika sekuensial
·         flip-flop
·         Counter
·         Register

Jenis Flip flop
+) flip-flop R-S



Flip – flop R-S adalah jenis rangkaian sekuensial yang mempunyai input S (set) dan input R (reset) , serta mempunyai dua output yang selalu berlawanan .

+)  flip-flop D









Flip-flop D merupakan flip-flop yang dapat mencegah nilai D mencapai keluaran sampai berlangsungnya clock(menyala)


Tabel kebenaran flip-flop D
Clock
D
R
S
Q
0
0
0
0
Nilai terakhir
0
1
0
0
Nilai terakhir
1
0
1
0
0
1
1
0
1
1

+)  flip-flop J-K
-  Flip - flop JK mempunyai masukan J , K dan clock
-  Digunakan untuk mengatasi kondisi terlarang pada flip-flop RS.
-  Flip – flop JK tidak menghasilkan keadaan terlarang.
-  Flip-flop JK dibagi menjadi dua jenis :
-  Flip-flop JK pemicuan tepi(Edge-Triggered JK flip-flop).
-  Flip-flop JK MS(Master-Slave).
-  Prinsip kerja JK flip-flop
a)      Pada saat J = 0 dan K = 0 atau keduanya berlogika low, gerbang logika tidak memberikan tanggapan sehingga keluaran Q tetap bertahan pada keadaan terakhirnya (mode tak aktif).
b)      Prinsip kerja JK flip-flop
c)      Pada saat J = 0 atau berlogika low dan K = 1 atau berlogika high, maka flip-flop akan direset hingga diperoleh keluaran Q = 0 (kecuali jika flip-flop memang sudah dalam keadaan reset atau Q memang sudah pada keadaan rendah). Mode reset
d)     Pada saat J = 1 dan K = 0 atauketika J berlogika high dan K berlogika low, maka masukan ini akan mengeset flip-flop hingga diperoleh keluaran Q = 1 (kecuali jika flip-flop memang sudah dalam keadaan set atauQ sudah dalam keadaan tinggi). (mode set)
e)      Pada saat J dak K kedua-duanya tinggi, maka flip-flop berada dalam keadaan toggle, artinya keluaran Q akan berpindah pada keadaan lawan jika pinggiran pulsa clocknya tiba.(mode toggle)



Clk
J
K
Q
Q’
x
0
0
Nilai terakhir
Nilai terakhir
1
0
1
0
1
1
1
0
1
0
1
1
1
toggle
toggle


0 komentar:

Posting Komentar