Kamis, 31 Desember 2015

ALGORITMA

ALGORITMA, FLOWCHART dan PSEUDO-CODE
A.Langkah – langkah dalam Pemrograman Komputer
1.Mendefinisikan masalah
          Pada tahap ini, yang kita lakukan adalah menentukan masalah yang akan diselesaikan dengan menggunakan komputer dan apa inputan serta outputnya.
2.Menemukan solusi
         Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukan solusi. Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
3.Memilih algoritma
          Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut.
4.Menulis program
         Pilihlah bahasa yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika sudah dikuasai, memiliki tingkat kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan platform lainnya
5.Menguji program
          Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak digunakan.

B. Algoritma
1. Pengertian

1)Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat – lompat (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998).
2)Algoritma merupakan alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pemikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1).

2.Kegunaan algoritma :
         Untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing.

3. Ciri – ciri algoritma :
a. Ada input
b. Ada proses
c. Ada output
d. Memiliki instruksi – instruksi yang jelas dan tidak ambigo
e. Harus mempunyai stoping role

4. Sifat algoritma :
1) Tidak menggunakan simbol atau sintaks dari suatu bahasa pemrograman
2) Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman
3) Notasi – notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun

5. Contoh dalam kehidupan sehari-hari :
Algoritma memasak mie instan :
1. Start
2. Rebus air hingga mendidih
3. Masukan mie instan ke dalam air mendidih tersebut
4. Tunggu bebrapa hingga mie terlihat matang
5. Jika mie sudah dirasa matang, angkat dan tiriskan
6. Capurkan bumbu – bumbu, dan aduk hingga rata.
7. End

C. Flowchart
1. Flowchat yaitu bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.
2. Kegunaan :
1) Untuk mendesain program
2) Untuk merepresentasikan program
3. Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input →Proses → Output.
Semua bahasa pemrograman, pasti mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :
1) Input (scanf)
2) Percabangan (if, switch)
3) Perulangan (while, for, for each, loop)
4) Output (printf)
4. Simbol – simbol Flowcart :

5. Soal Dan Penyelsaian Dalam Flowchart:
         Jika A lebih besar dari B maka cetak expressi pertama. Jika sebaliknya maka cetak expressi selanjutnya.
Jawaban
Code
{
   int A=8, B=3 ;
if (A>B)
{
sout ("Siapkan Panci ") ;
sout ("\nIsi Panci Dengan Air Bersih Sampai Penuh") ;
sout ("\nNyalakan Kompor");
sout ("\Simpan Panci Di Atas Kompor Dan Tunggu Sampai Mendidih") ;
  }
else {
sout ("\nJika Sudah Mendidih Matikan Kompor Selesai");
}
}
D. Pseudo-code
1. Pengertian
         Pseudo-code yaitu kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan. Pseudo-code menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemrograman. Selain itu biasanya pseudo-code menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma

2. Bagian-bagian (blok) dalam teks algoritma:
1) JUDUL (header) algoritma
2) DEKLARASI algoritma
3) DESKRIPSI algoritma

DEKLARASI
{ Semua nama yang dipakai, meliputi nama tipe, nama tetapan, nama
peubah, nama prosedur dan nama fungsi didefinisikan di sini }

DESKRIPSI :
{ Semua langkah atau aksi algoritma dituliskan di sini }


Keterangan:
1) Pasangan tanda kurung kurawal (‘{‘ dan ‘}’) digunakan untuk memberikan komentar (untuk memperjelas maksud teks yang dituliskan).
Contoh Pseudo-code Menghitung Luas persegi panjang
1) Algoritma menghitung luas persegi panjang
1. Start
2. Deklarasikan luas, panjang, dan lebar
3. Masukan panjang
4. Masukan lebar
5. Nilai luas adalah panjang * lebar
6. Tampilkan Luas
7. End
Contoh Pseudo-code Menghitung Luas persegi panjang
1) Pseudo-code menghitung luas persegi panjang
//JUDUL (header) algoritma
menghitungLuasPersegiPanjang
{
//DEKLARASI algoritma
double luas
double panjang
double lebar
//DESKRIPSI algoritma
panjang = 10.5
lebar = 2
luas = panjang *lebar
print Luas Persegi Panjang = luas
}

Implementasi di java
class MenghitungLuasPersegiPanjang
{
public static void main(String[] args){
//mendeklarasikan variabel
double luas;
double panjang;
double lebar;
//masukan nilai panjang dan lebar
panjang = 10.5;
lebar = 2;
//proses hitung luas persegi panjang
luas = panjang * lebar;
//cetak hasil luas
System.out.print(“luas Persegi Panjang = ”+luas);
}
}

0 komentar:

Posting Komentar